?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+DENGAN+MENERAPKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+THINK+PAIR+SHARE+(TPS)+PADA+MATA%0D%0APELAJARAN+PENDIDIKAN+KEWARGANEGARAAN%0D%0ASISWA+KELAS+VIII+A+SMP+PGRI+I+GADINGREJO%0D%0AKABUPATEN+PRINGSEWU%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2011%2F+2012&rft.creator=+%2C+RATNASARI&rft.subject=H+Social+Sciences+(General)&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Penelitian+tindakan+kelas+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+pembelajaran+Pendidikan+Kewarganegaraan+(PKn)+dengan+menerapkan+model+pembelajaran+think+pair+share+(TPS)+pada+mata+pelajaran+PKn+siswa+kelas+VIII+A+SMP+PGRI+I+Gadingrejo+Kabupaten+Pringsewu+tahun+pelajaran+2011%2F2012.+Penelitian+ini+dilaksanakan+dengan+proses+pembelajaran+yang+menerapkan+langkah-langkah+TPS+pada+setiap+siklusnya.%0D%0AHasil+penelitian+yang+diperoleh+menunjukan+bahwa+(1)+rencana+pembelajaran+yang+disusun+oleh+guru+sudah+relevan+dengan+kelengkapan+dokumen+SK%2C+KD%2C+indikator%2C+materi%2C+kegiatan+pembelajaran%2C+dan+penilaian%2C+(2)+proses+pembelajaran+dengan+menerapkan+model+TPS+dapat+meningkatkan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+proses+pembelajaran+sehingga+siswa+aktif+dalam+mendengarkan+penjelasan+guru%2C+mengerjakan+tugas%2C+mengajukan+pertanyaan%2C+menjawab+atau+mengemukakan+pendapat%2C+bekerjasama+dalam+diskusi%2C+mendengarkan+pendapat+kelompok+lain%2C+dan+mencatat+hal-hal+yang+penting.%0D%0APada+siklus+I+rata-rata+aktivitas+belajar+siswa+52%25+(kategori+cukup+aktif)+dari+indikator+yang+ditentukan+dan+meningkat+sebesar+12%25+dari+data+awal+sebelum+digunakan+model+pembelajaran+TPS.+Siklus+II+mencapai+65%25(kategori+aktif)+dan+meningkat+dari+siklus+I.+Pada+siklus+III+rata-rata+keaktifan+siswa+mencapai+82%25+(kategori+sangat+aktif)+dan+meningkat+dari+siklus+II.+Dengan+demikian%2C+model+pembelajaran+TPS+dengan+selalu+memotivasi+siswa+pada+setiap+pra+pembelajaran+dan+pada+proses+pembelajaran+guru+bertindak+sebagai+fasilitator%2C+mativator%2C+membimbing+siswa+secara+menyeluruh%2C+melibatkan+siswa+dalam+membuat+kesimpulan+serta+melaksanakan+umpan+balik+dapat+meningkatkan+aktivitas+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+PKn+siswa+kelas+VIII+A+SMP+PGRI+I+Gadingrejo+kabupaten+Pringsewu+tahun+pelajaran+2011%2F+2012.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F1%2FSampul%2520dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F2%2F2%252CABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F3%2F3.%2520LEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F4%2F4.Lembar%2520PENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F5%2F5.Pernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F6%2F10.DAFTAR%2520%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F7%2FI.BAB%2520I%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F8%2FIII.BAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F8%2FII.BAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F9%2FBAB%2520IV%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F10%2FBAB%2520V%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F11%2FDAPUS.doc%25201.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F12%2FLampiran.zip&rft.identifier=+++%2C+RATNASARI++(2011)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+DENGAN+MENERAPKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+THINK+PAIR+SHARE+(TPS)+PADA+MATA+PELAJARAN+PENDIDIKAN+KEWARGANEGARAAN+SISWA+KELAS+VIII+A+SMP+PGRI+I+GADINGREJO+KABUPATEN+PRINGSEWU+TAHUN+PELAJARAN+2011%2F+2012.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1385%2F