?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+PEMBELAJARAN+GERAK+DASAR+PASSING+BAWAH+BOLA+VOLI+DENGAN+MENGGUNAKAN+ALAT+YANG+DIMODIFIKASI+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+SILIWANGI+PRINGSEWU%0D%0ATAHUN+AJARAN+2011%2F2012%0D%0A&rft.creator=1013118065%2C+SUPRIYATI&rft.subject=+&rft.description=ABSTRAK%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+peningkatan+hasil+belajar+ketrampilan+gerak+dasar+passing+bawah+bola+voli+dengan+modifikasi+alat+pembelajaran+pada+siswa+kelas+V+SD+Negeri+1+Siliwangi+Pringsewu.%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+Metode+Penelitian+Tindakan+Kelas+(+classroom+action+research)+dengan+tiga+siklus+diberikan+pembelajaran+yang+berbeda.+Siklus+pertama+berupa+penggunaan+modifikasi+alat+yaitu+bola+voli+diganti+dengan+bola+plastik%2C+tinggi+net+dipendekan+menjadi+170+cm+serta+pembelajaran+passing+bawah+bola+voli+dengan+lambungan+ke+atas.+Pada+siklus+kedua+berupa+modifikasi+alat+yaitu+bola+voli+diganti+dengan+bola+plastik%2C+tinggi+net+dipendekan+menjadi+170+cm%2C+ukuran+bola+diperkecil%2C+serta+diberikan+pembelajaran+passing+bawah+dengan+baik+dan+benar.+Pada+siklus+ketiga+berupa+modifikasi+alat+yaitu+bola+diganti+dengan+plastik%2C+tinggi+net+dipendekan%2C+ukuran+bola+diperkecil+serta+lebar+lapangan+diperkecil+.+Subjek+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+V+SD+Negeri+1+Siliwangi+Pringsewu+berjumlah+15+siswa.%0D%0A%0D%0APengumpulan+data+diambil+dari+tes+berupa+pengamatan+ketrampilan+gerak+dasar+passing+bawah+bol+voli+yang+meliputi+tahap+persiapan%2C+pelaksanaan%2C+dan+gerak+akhir.+Hasil+penelitian+ini+menunjukan+adanya+peningkatan+pembelajaran+gerak+dasar+passing+bawah+bola+voli+dengan+modofikasi+alat+serta+paket+pembelajaran+setiap+siklus.+Siklus+pertama+menghasilkan+ketuntasan+belajar+4+siswa+atau+sebesar+26%2C67+%25+dengan+tingkatan+efektifitas+38%2C99+%25+siklus+kedua+meningkat+ketuntasan+belajar+3+siswa+atau+sebesar+27%2C27+%25+dengan+tingkat+efektifitas+38%2C79+%25+dan+siklus+ketiga+meningkat+ketuntasan+belajar+6+siswa+atau+sebesar+75%2C00+%25+dengan+tingkat+efektifitas+58%2C02+%25.+Total+siswa+tuntas+dari+siklus+pertama+sampai+ketiga+berjumlah+13+siswa.+Kesimpulan+yang+didapat+dari+hasil+penelitian+ini+adalah+bahwa+penggunaan+modifikasi+alat+dapat+meningkatkan+dan+mengefektifkan+pembelajaran.%0D%0A&rft.date=2012&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F2%2Fbab%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F3%2Fbab%25202.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F4%2Fbab%25203.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F5%2Fbab%25204.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F6%2Fbab%25205.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F7%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F8%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F9%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F10%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F11%2FDARTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F12%2Flembar%2520pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F13%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F14%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F15%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F16%2FSANWACANA.pdf&rft.identifier=++1013118065%2C+SUPRIYATI++(2012)+PENINGKATAN+PEMBELAJARAN+GERAK+DASAR+PASSING+BAWAH+BOLA+VOLI+DENGAN+MENGGUNAKAN+ALAT+YANG+DIMODIFIKASI+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+SILIWANGI+PRINGSEWU+TAHUN+AJARAN+2011%2F2012.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F13852%2F