TY - JOUR ID - eprints13860 UR - http://digilib.unila.ac.id/13860/ A1 - 0713024026, Erika Y1 - 2011/10/05/ N2 - Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual melalui pembelajaran NHT terhadap aktivitas dan penguasaan konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung pada materi pokok Pencemaran Lingkungan. Desain penelitian ini adalahpretes-posttes non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIi dan VII2 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, serta nilai tes awal pada awal pertemuan dan tes akhir pada akhir pertemuan, dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain serta angket untuk mengetahui tanggapan penggunaan media audio-visual yang diberikan pada akhir pertemuan. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum rata-rata aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen I yaitu 86 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen II yaitu 72,68. Aktivitas tertinggi yaitu pada aspek bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dan aktivitas terendah yaitu pada aspek mengajukan pertanyaan. Hasil belajar berupa penguasaan konsep siswa yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen I yaitu 65,76 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen II yaitu 51,26. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audio-visual melalui model pembelajaran NHT terhadap aktivitas dan penguasaan konsep siswa pada materi pokok Pencemaran Lingkungan. Kata kunci: media audio-visual, model pembelajaran NHT, aktivitas, penguasaan konsep, Pencemaran Lingkungan. JF - Digital Library TI - PENGARUH MEDIA AUDIO -VISUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -