TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints13862 UR - http://digilib.unila.ac.id/13862/ A1 - Ester Handayati, 0913053025 Y1 - 2014/12/14/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata sebesar 58,8 pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Karunia Imanuel tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika menggunakan metode latihan dengan media realia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas. Prosedur pelaksanaan melalui dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen aktivitas siswa, instrumen kinerja guru, dan soal-soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk data aktivitas siswa dan kinerja guru serta analisis kuantitatif untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan metode latihan dengan media realia pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Karunia Imanuel mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (53,12%) meningkat sebesar 26,04% pada siklus II menjadi (79,16%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (66,66) dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 5,17 menjadi (71,83). Semua ini sesuai dengan kategori ketuntasan rata-rata aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Kata kunci: metode latihan, media realia, aktivitas dan hasil belajar, matematika PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DENGAN MEDIA REALIA SISWA KELAS IV SD KARUNIA IMANUEL BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -