%A FAHRURROZI 0413031030 %J Digital Library %T PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL DI SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X ABSTRAK Berdasarkan data nilai UAS semester genap pada siswa kelas XII di SMA PERSADA Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, dapat dikatakan hasil belajar yang dicapai siswa masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut diduga dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan penggunaan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif verifikatif, dengan pendekatan Ex Post Facto dan survey. Populasi dalam penelitian berjumlah 143 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 orang siswa. Pengujian hipotesis 1,dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linier multiple. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1). Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII semester ganjil di SMA PERSADA Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2010/2011 yang dibuktikan dengan perhitungan diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,668 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,326; (2). Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII semester ganjil di SMA PERSADA Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2010/2011 yang dibuktikan dengan perhitungan diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,483 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,159; (3). Ada pengaruh kecerdasan emosional dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII semester ganjil di SMA PERSADA Bandar Lampung pada Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terbukti dari perhitungan diperoleh korelasi multiple R sebesar 0,656 dan R2 di peroleh sebesar 0,430. %D 2010 %L eprints13865