%0 Generic %A , SUGENG %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:1388 %I Fakultas KIP %T PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 RAJABASA LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012 %U http://digilib.unila.ac.id/1388/ %X Penelitian ini bertujuan untuk perbaikan pembelajaran PKn yang berdampak pada peningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn dikelas VIII A SMP Negeri I Rajabasa Lampung Selatan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, data hasil observasi dari setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Penelitian ini diberhentikan jika indikator keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang disusun guru telah sesuai dengan kelengkapan-kelengkapan pembelajaran seperti : Standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi, kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Motivasi dan aktivitas belajar siswa aktif hal ini dapat dilihat dari hasil kegiatan pembelajaran pada siklus ke I, ke II dan ke III. Siklus ke I motivasi belajar siswa 47% dan aktivitas belajar siswa 32%, siklus ke II telah mengalami peningkatan yaitu motivasi belajar siswa menjadi 63% aktivitas belajar siswa 53% ada peningkatan 16% motivasi belajar siswa dan 21% aktivitas belajar siswa. Pada siklus ke III motivasi belajar siswa mencapai 76% dan aktivitas belajar siswa 77% sehingga indikator keberhasilan telah tercapai.