TY - JOUR ID - eprints13887 UR - http://digilib.unila.ac.id/13887/ A1 - 0543024034, NURMA INAH Y1 - 2009/// N2 - ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMA Negri 1 Gading Rejo diketahui bahwa 40% siswa belum mencapai belajar tuntas. Hal ini diduga kurang efektifnya media dan model yang digunakan dalam proses pembelajaran. Animasi multimedia dapat menarik perhatian siswa karena melatakkan dasar-dasar yang konkrit sehingga dapat menghindari pengertian yang abstrak. Model pembelajaran tipa Jigsaw dan NHT diduga sesuai untuk dikombinasikan dengan animasi multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengusaan materi pokok sistem pencernaan manusia dan hewan oleh siswa yang pembelajaranya menggunakan animasi multimedia dengan model pembelajaran tipe Jigsaw dan NHT; 2)Model pembelajaran yang paling cocok di kombinasikan dengan animasi multimedia antara tipe Jigsaw dan NHT pada materi pokok sistem pencernaan manusia dan hewan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Gadingrejo Pringsewu. Sampel terdiri dari 31 siswa kelas XI IPA3 dan 30 siswa XI IPA5 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Selanjutnya kelas XI IPA5 terpilih sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA3 sebagai kelas eksperimen II. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretest-postest kelompok non ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest, postest, skor gain pada setiap pertemuan. Data tersebut dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS versi 12 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada perbedaaan rata-rata penguasaan materi pokok sistem pencernaan manusia dan hewan yang signifikan oleh siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Head Together); 2) penguasaan materi pokok sistem pencernaan makanan manusia dan hewan oleh siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Kata kunci: animasi multimedia, Jigsaw, NHT, penguasaan materi. JF - Digital Library TI - PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HEWAN ( Studi Eksperimental Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gading Rejo Kabupaten Pringsewu Semester Genap 2009/ 2010 ) AV - restricted ER -