TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1389 UR - http://digilib.unila.ac.id/1389/ A1 - , Sulis Setia Markhamah Y1 - 2011/09/23/ N2 - Belajar Berbasis Aneka Sumber (BEBAS) merupakan salah satu pendekatan belajar untuk memperluas sumber belajar dan memberikan peluang bagi siswa dalam menentukan sendiri sumber belajar yang diperlukan. Melalui BEBAS, tercipta kondisi pembelajaran yang mendorong siswa untuk membangun pemahamannya sendiri melalui banyak sumber belajar. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui persepsi siswa terhadap BEBAS dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah deskriptif, subjek yang diteliti merupakan siswa kelas X, terdiri dari empat kelas berjumlah 144 siswa. Sampel yang diambil untuk penelitian adalah 25% atau 36 siswa yang tersebar secara acak (random sampling) dalam empat kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 responden, 21 responden (58,3%) cenderung berpersepsi netral. Terlihat dari indikator pengetahuannya dimana responden kurang memahami konsep BEBAS dan manfaat dari penerapan BEBAS. Ini dikarenakan kurangnya penerapan BEBAS saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, siswa cenderung berpersepsi netral dimana tidak sepenuhnya mendukung tetapi juga tidak menyatakan menolak. Hasil penelitian berdasarkan indikator pengalaman, menunjukkan bahwa dari 36 responden, 23 responden (64%) cenderung berpersepsi netral karena kurangnya pengalaman yang dialami responden terkait penerapan BEBAS. Responden juga menganggap penerapan BEBAS kurang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi. Dengan demikian, siswa cenderung berpersepsi netral dimana tidak menyatakan mendukung tetapi juga tidak menolak. PB - Fakultas KIP TI - PERSEPSI SISWA TERHADAP BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -