TY - JOUR ID - eprints13903 UR - http://digilib.unila.ac.id/13903/ A1 - 0613021027, Fatmasari Zul Manggarani Y1 - 2010/// N2 - ABSTRAK Berdasarkan data nilai ulangan akhir semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010, diperoleh bahwa 94,92% siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tidak tuntas yaitu mendapatkan nilai ? 62. Berkenaan dengan hal tersebut, guru matematika kelas VIII belum pernah melakuŽkan identifikasi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meŽngeŽŽŽtahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada pelajaran matemaŽtika khususŽnya kesalahan dalam menguasai pokok bahasan garis singgung lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 279 orang yang terŽdistribusi dalam tujuh kelas dimana tingkat kemampuan belajar matematika siswa homogen (tidak ada kelas unggulan) dengan keŽmampuan siswa dalam setiap kelas heterogen. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas VIIIC. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa kelas VIII yang me-ngalami kesulitan pada pokok bahasan garis singgung lingkaran lebih dari 15%, yang berarti bahwa siswa mengalami kesulitan penguasaan konsep matematika pada pokok bahasan tersebut dan kompetensi dasar yang paling sulit dicapai siswa adalah melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa yaitu:(1) kesalahan yang disebabkan karena siswa tidak memahami konsep, antara lain siswa tidak mampu menyelesaikan soal balikan; siswa tidak bisa memŽbeŽdaŽkan simbol untuk jari-jari lingkaran besar dan kecil; siswa tidak paham yang mana jari-jari dan yang mana diameter dari lingkaran; siswa tidak paham bagaimana cara melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga, (2) kesalahan yang disebabkan karena siswa tidak menguasai konsep praŽsyarat, antara lain konsep pengurangan, pengkuadratan dan pengakaran. (3) kesalahan yang disebabkan karena siswa lupa terhadap konsep, antara lain siswa lupa terŽhaŽdap konsep phytagoras, segitiga, layang-layang, dan garis singgung perseŽkutuan dalam dan luar dua lingkaran. Kata kunci: identifikasi, kesalahan, matematika JF - Digital Library TI - IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -