%A Tamimi %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII.2 DI SMP NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation merupakan salah satu dari beberapa pendekatan pembelajaran yang dapat merubah cara pembelajaran yang konvensional. Dimana dalam pendekatan ini tidak hanya menuntut guru yang banyak berkreatifitas, tetapi justru menuntut siswa yang banyak melakukan aktivitas dalam proses pembelajaran, Model Group Investigation dapat juga dilakukan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan karena pelajaran tersebut tidak lagi memuat materi yang bersifat normatif, melainkan sudah berupa konsep, dengan harapan melalui model Group Investigation peserta didik akan dapat meningkatkan hasil belajarnya Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran kooperatif tipe Group Investigations. Objek penelitian tindakan kelas yaitu siswa Kelas VII.2 SMP Negeri I Pagelaran 2011/2012. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan, evaluasi hasil tindakan, dan refleksi untuk pengambilan keputusan guna pengembangan lebih lanjut. Hasil penggunaan metode kooperatif (tipe pendekatan Group Investigations), dalam pembelajaran mata pelajaran PKn menunjukkan bahwa (1) Dapat memotivasi siswa untuk belajar memecahkan masalah baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan teman-temannya. (2) Dapat meningkatkan keberanian siswa untuk menanyakan kepada guru terutama kesulitan-kesulitan yang dialaminya dalam mengerjakan tugas-tugas. (3) Dapat meningkatkan rata-rata perolehan hasil belajar siswa dibandingkan dengan sebelum digunakannya metode kooperatif (tipe pendekatan Group Investigations). Ini berarti dapat mencerminkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dibanding sebelumnya. (4) Adanya pencapaian prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada sebelumnya menunjukan bahwa belajar melalui kooperatif lebih efektif dalam memahami dan menguasai materi yang dipelajari. Kata kunci: kooperatif, group investigations, prestasi belajar %C Universitas Lampung %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints1391