%A Yeni Yusmalia 0513034012 %J Digital Library %T HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA PERINTIS I BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cara belajar dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Perintis Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri 5 kelas yang berjumlah 174 siswa. Jumlah sampel yang diambil kurang lebih 35 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 60 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan korelasi product moment dan untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara membuat jadwal dan pelaksanaannya dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Perintis I Bandar Lampung, dengan koefisien korelasi sebesar 0,849. 2) Terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara membaca buku pelajaran di rumah dengan prestasi belajar geografi sehingga koefisien korelasi sebesar 0,612. 3) Terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara membuat catatan dengan prestasi belajar geografi sehingga memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,675. 4) Terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara mengulangi bahan mata pelajaran di rumah denganprestasi belajar geografisehingga memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,588. 5) Terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara mengerjakan tugas serta latihan soal mandiri di rumah dengan prestasi belajar geografi sehingga memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,521. Kata Kunci : Cara belajar dan Prestasi Belajar. %D 2012 %L eprints13923