@mastersthesis{eprints13967, month = {September}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN PELAJARAN PKn PADA SMA NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2015}, school = {Universitas Lampung}, author = {1323031032 TUTUT ZATMIKO}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13967/}, abstract = {Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan perencanaan pembelajaran, 2) meningkatkan pelaksanaan pembelajaran, 3) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dan 4) meningkatkan pemahaman PKn siswa melalui model PBM sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan tiga siklus. Kegiatan guru setiap siklus yaitu membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar, mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi, membantu mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMAN 1 Pekalongan Lampung Timur, data dikumpulkan dengan observasi dan tes serta dianalisis secara deskriptif analisi. Hasil penelitian adalah: 1) desain pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman PKn siswa, 2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah guru membimbing siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, 3) kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, dan 4) pemahaman siswa tentang PKn juga meningkat setiap siklusnya. Kata kunci: PBM sosial, keterampilan berpikir keritis, PKn Abstract This research in intended: 1) create a lesson plan, 2) perform the implementation of learning, 3) determine the increase students 'critical thinking skills, and 4) determine the increase students' understanding of civics through social PBL models. This research is a class action by using three cycles. Teachers each cycle activities that help students define and organize the task of learning, encouraging students to gather information, to help develop and present work. The study was conducted in class X and X MIA MIA 1 2 SMAN 1 Pekalongan East Lampung, the data collected by observation and tests and analyzed by descriptive analysis. Results of the study are: 1) instructional design in accordance with the results of the analysis of the needs of the poor critical thinking skills and understanding of Civics students, 2) the activity of students in the learning process are the teachers guide students to analyze and evaluate the process of solving the problem, 3) the ability of critical thinking of students experiencing keterampian increase in each cycle, and 4) students' understanding of civics has also increased each cycle. Keywords : PBL models, Critical thinking, Civics} }