%A 1113021050 MUHAMMAD ELCHO BINAWAN %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP IT Nurul Iman Pesawaran Tahun Pelajaran 2014/2015) %X ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Reciprocal Teaching yang ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Nurul Iman Pesawaran yang terdistribusi dalam empat kelas, kemudian dipilih dua kelas sebagai sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest ? posttest control design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Efektivitas, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Reciprocal Teaching %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints14042