@misc{eprints14068, month = {Oktober}, title = {STRATEGI MENDIDIK ANAK DALAM KELUARGA BEDA AGAMA (Studi Kasus di Desa Sidodadi Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan)}, author = {1116011060 PARTINI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14068/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi mendidik anak dalam keluarga beda agama serta faktor pendukung dan faktor penghambat mendidik anak dalam keluarga beda agama. Tipe penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Sidodadi Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan dengan jumlah informan lima orang tua beda agama yang memiliki anak diatas 10 tahun. Penentuan informan secara snowball sampling dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mendidik anak dalam keluarga beda agama menurut Sahlan yang menjadi pisau acuan dalam penelitian ini yaitu mendidik anak dalam kedewasaan, mendidik dengan memberi teladan, mendidik dalam kedisiplinan dan mendidik dalam kemandirian yang banyak digunakan oleh informan adalah mendidik dengan memberi teladan dan mendidik dalam kedisiplinan. Faktor pendukung mendidik anak dalam keluarga beda agama yaitu adanya sikap toleransi, adanya sikap kedewasaan dan tidak terjadi pola hidup sekuler. Faktor penghambat mendidik anak dalam keluarga beda agama yaitu tidak toleransi dan kurangnya perhatian dalam pendidikan agama anak. Kata kunci : Keluarga, strategi mendidik, beda agama Abstrak Bahasa Inggris This study aims to analyze strategies to educate children in families of different religions as well as factors supporting and inhibiting factors educate children in families of different religions . This type of research using qualitative approach . The research location in the village Sidodadi Sidomulyo District of South Lampung with a number of informants five interfaith parents who have children over 10 years. Determination of informants in snowball sampling with data collection techniques are observation and interview . The results showed that the strategy of educating children in families of different religions according Sahlan the knife reference in this research is to educate children in adulthood, educating by example, educate in discipline and educate the independence that is widely used by the informant is to educate by example and educate in the discipline. Factors supporting the educating of children in families of different religions that is the attitude of tolerance, the attitude of maturity and there is no secular lifestyle. Inhibiting factors educate children in families of different religions is not tolerance and lack of attention in the religious education of children. Keywords: family, strategy educate, different religion} }