%0 Journal Article %A 0713053005, Arif Fredianto %D 2012 %F eprints:14088 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %U http://digilib.unila.ac.id/14088/ %X Abstrak Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru IPS kelas IVA SD Negeri 1 Metro Barat terlihat bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran hal ini dikarenakan, pembelajaran IPS belum menggunakan media gambar secara optimal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IVA SD Negeri 1 Metro dengan menggunakan Media Gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan bentuk proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1) Perencanaan (Planing) 2) Pelaksanaan (Acting) 3) Pengamatan (Observing) 4) Refleksi ( Reflecting). Data tentang aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, kemudian dengan hasil belajar siswa dapat diperoleh melalui tes yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar yaitu aktivitas belajar siklus I sebesar (58,6%) dengan kriteria ”sedang”, siklus II sebesar (68,2%) kriteria ”tinggi dan siklus III (75,4%) dengan kriteria ”tinggi”. Begitu pula terjadi peningkatan pada hasil belajar siklus I dengan rata-rata (54) dan (10) siswa tuntas dengan persentase (40%), siklus II dengan rata-rata (69) dan (17) siswa tuntas dengan persentase (68%), siklus III rata-rata (74) dan (22) siswa tuntas dengan persentase (88%). Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, penggunaan media gambar.