%0 Thesis %9 Masters %A Mugi Wiyono, FEBTI LISTIANA DAMAYANTI %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2013 %F eprints:1409 %I Universitas Lampung %T PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN %U http://digilib.unila.ac.id/1409/ %X Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan aktivitas dan kreativitas pada Mata Pelajaran Kewirausahaan khususnya materi mengelola konflik pada siswa kelas X di SMK Taman Karya Madya Teknik I Tanjung Karang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan Metode diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan kreativitas siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar pengamatan kinerja pendidik, pengamatan sikap, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam mengidentifikasi masalah. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keaktifan dan kreativitas siswa pada setiap siklusnya. Siklus I persentase keaktifan siswa 60,50 % dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 61,15%. Pada siklus II persentase keaktifan siswa naik menjadi 67,00% dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 68,06%. Begitu pula dengan siklus III, persentase keaktifan siswa naik menjadi 76,75% dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 76,27%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, bahwa pembelajaran dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam mengidentifikasi masalah pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya materi mnegelola konflik pada sisa kelas X di SMK Tamana Krya Madya Teknik I Tanjung Karang Tahun Pelajaran 2012/2013 Kata Kunci : metode diskusi kelompok, aktivitas dan kreativitas