%0 Journal Article %A 0713053006, Aris Eka Rasandi %D 2012 %F eprints:14090 %J Digital Library %T PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS V B SDN 1 TRI TUNGGAL JAYA PENAWARTAMA TULANG BAWANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %U http://digilib.unila.ac.id/14090/ %X Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V B SDN Tri Tunggal Jaya pada mata pelajaran PKn. Dari 30 siswa sebanyak 20 siswa atau 66,66 % belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditentukan yaitu 70. Rendahnya penguasaan materi, kurang aktifnya siswa serta pembelajaran yang masih bersifat teacher center di indikasikan sebagai penyebab hasil belajar siswa kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V B SDN 1 Tri Tunggal Jaya Penawartama Tulang Bawang dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Daur siklus dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini data diperoleh dari lembar observasi dan tes formatif yang dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran, kemudian data dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V B SDN 1 Tri Tunggal Jaya Penawartama Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 60,41% dan meningkat 19,61% sehingga siklus II menjadi 80,025%, serta siswa tuntas belajar pada siklus I sebanyak 19 siswa (63,33%) dan terjadi peningkatan sebanyak 4 siswa (13,33%) pada siklus II sehingga siswa tuntas belajar pada siklus II sebanyak 23 siswa (76,66%). Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Playing, Aktivitas belajar, dan Hasil belajar PKn.