@mastersthesis{eprints1410, title = {SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELUARGA LENGKAP DAN KELUARGA SINGLE PARENT}, school = {Universitas Lampung}, author = {HERIDA Raja Alamsyah}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1410/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah ada perbedaan antara siswa yang diasuh oleh keluarga lengkap dengan siswa yang diasuh oleh keluarga single parent dari segi sikap dan prestasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa yang berjumlah 707 orang. Pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling purposive. Untuk menguji hasil tes skala sikap dan tes hasil belajar dihitung sekaligus digunakan program anates. Untuk menganalisis perbedaan data hasil tes siswa keluarga lengkap dan siswa keluarga single parent digunakan uji beda rata-rata (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan : (1) sikap antara siswa yang diasuh oleh keluarga lengkap dan keluarga single parent mencapai besaran 0,490 {\ensuremath{>}} 0,05 sehingga Ho diterima, (2) prestasi belajar siswa keluarga lengkap dan siswa keluarga single parent mencapai skor 0,681 {\ensuremath{>}} 0,05 sehingga Ho diterima , (3) kombinasi sikap dan prestasi belajar antara siswa keluarga lengkap dan siswa keluarga single parent menyatakan 0,490 {\ensuremath{>}} 0,05 dan 0,681 {\ensuremath{>}} 0,05 sehingga Ho diterima, (4) Perbedaan sikap dan prestasi belajar antara siswa yang diasuh oleh keluarga lengkap bila dibandingkan dengan siswa yang diasuh oleh keluarga single parent mencapai besaran 99,125 {\ensuremath{>}} 97,875 yang berarti rerata siswa yang berasal dari keluarga utuh memiliki rerata lebih baik dari pada siswa yang berasal dari keluarga single parent. Kata Kunci: Sikap, Prestasi Belajar, Keluarga Utuh dan Keluarga Single Parent} }