TY - JOUR ID - eprints14103 UR - http://digilib.unila.ac.id/14103/ A1 - 0643031039, Vita Kurniyati Y1 - 2010/// N2 - ABSTRAK Sekolah merupakan salah satu wadah penunjang peningkatan mutu prestasi belajar siswa. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai dalam pembelajaran. Barhasil atau tidaknya seseorang dalam belajar disebabkan oleh faktor yang berhubungan dengan pencapaian hasil belajar. Faktor tersebut adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa yang meliputi konsep diri, minat belajar, bakat, prestasi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa yang meliputi aktivitas belajar, lingkungan belajar, kurikulum, tersedianya sarana belajar, dan kemampuan guru dalam mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketersediaan sarana belajar di rumah, pemanfa?atan media belajar dan konsep diri dengan prestasi belajar Ekonomi/Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Metro Lampung Timur tahun ajaran 2009?2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto dan survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Metro Lampung Timur yang berjumlah 117 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 91 siswa yang diambil menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Untuk menguji hipotesis Pertama , kedua, dan ketiga digunakan rumus korelasi product moment dan dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan uji statistik t, sedangkan untuk menguji hipotesis keempat digunakan rumus korelasi multiple (R) dengan uji signifikansi menggunakan uji statistik F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan antara ketersediaan sarana belajar di rumah dengan prestasi belajar Ekonomi/Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Metro Lampung Timur dari hasil perhitungan koefisien korelasi (r) diperoleh r hitung > r tabel yaitu 0,454 > 0,2045. (2) Ada hubungan antara pemanfaatan media belajar dengan prestasi belajar Ekonomi/Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Metro Lampung Timur dari hasil perhitungan koefisien korelasi (r) diperoleh r hitung > r tabel atau 0,703 > 0,2045. (3) Ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar Ekonomi/Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Metro Lampung Timur dari hasil perhitungan koefisien korelasi (r) diperoleh r hitung > r tabel atau 0,537 > 0,2045. (4) Ada hubungan antara ketersediaan sarana belajar di rumah, pemanfaatan media belajar dan konsep diri dengan prestasi belajar Ekonomi/Akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Metro Lampung Timur dari hasil perhitungan koefisien korelasi multiple (R) diperoleh Rhitung >Rtabel = 0, 625 >0,2045. JF - Digital Library TI - HUBUNGAN ANTARA KONDISI SARANA BELAJAR DI RUMAH, PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 METRO DI LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -