%0 Journal Article %A 0713021034, M. Firmasnyah %D 2010 %F eprints:14110 %J Digital Library %T PENGARUH IRINGAN MUSIK DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN %U http://digilib.unila.ac.id/14110/ %X ABSTRAK Musik merupakan seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara. Musik, sesuai dengan susunan interval dan ritmenya memiliki refleksi khusus yang bisa merangsang sel-sel saraf sehingga perasaan manusia bisa diperlemah, diperkuat ataupun dialihkan. Ritme, melodi, dan harmoni dari musik dapat merupakan stimulasi untuk meningkatkan kemampuan belajar anak. Melalui musik anak mudah menangkap hubungan antara waktu, jarak dan urutan (rangkaian) yang merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk kecakapan dalam logika berpikir, matematika dan penyelesaian masalah. Metematika merupakan ilmu yang abstrak dan dianggap oleh sebagian siswa sebagai salah satu mata pelajaran yang menakutkan. Terkadang kondisi belajar siswa menjadi tertekan dan tidak nyaman. Musik yang memiliki refleksi terhadap saraf manusia, dapat membuat kondisi menjadi lebih nyaman dalam belajar. Perasaan yang nyaman dan positif itulah yang dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengeta¬hui pengaruh iringan musik dalam penyelesaian soal matematika terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Sampel diambil secara acak dan di-per¬oleh kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII A sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh melalui ang¬ket dan tes formatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata nilai motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol berturut-turut adalah sebesar 43,2 dan 61,8. Sedangkan rata-rata nilai motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen yang diberikan iringan musik, berturut-turut sebesar 48,8 dan 78,8. setelah dianalisis, perbedaan nilai antara kelas kontrol dan eksperimen ini cukup signifikan dan bukan karena faktor kebetulan belaka. Sehingga dapat dikatakan bahwa iringan musik dalam penyelesaian soal matematika berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Contoh indikator motivasi belajar yang dipengaruhi iringan musik adalah ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika dan kesenangan siswa untuk mencari dan memecahkan masalah. Kata kunci: Iringan Musik, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.