%A SAIFULLAH Jaya Sutisna %T PENGEMBANGAN MEDIA PETA PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH USWATUN HASANAH MERAMBUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran peta puzzle Provinsi Lampung untuk diterapkan di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada pembelajaran IPS. Penelitian ini di lakukan di MI Uswatun Hasanah Merambung Kabupaten Lampung Selatan, tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) terdiri dari enam tahap kegitan yaitu: (1) Pengkajian keadaan dilakukan dengan cara mengidentifikasi perkiraan kebutuhan, mempelajari literature dan meneliti dalam sekala kecil; (2) Perncanaan adalah merencanakan pembuatan produk; (3) Pembuatan produk awal adalah membuat bentuk awal produk media pembelajaran yang dapat di uji coba; (4) Uji coba awal dilakukan untuk mendapatkan validasi dari ahli; (5) Perbaikan produk adalah tahapan memperbaiki produk setelah mendapatkan masukan dari ahli; (6) Uji coba sebenarnya dilakukan dengan cara penelitian eksperimen di kelas IV MI Uswatun Hasanah Merambung Kabupaten Lampung Selatan sebagai kelas eksperimen dan di kelas IV MI GUPPI 04 Bumiasih Palas Kabupaten Lampung Selatan sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitan pengembangan ini adalah: (1) Media pembelajaran diberi nama media pembelajaran peta puzzle provinsi Lampung tahun 2013. Bentuk Puzzle yang diterapkan adalah jigsaw puzzle. Potongan puzzle terdiri atas peta kabupaten/kota yang tersebar di provinsi Lampung dan syarat dan ketentuan yang ada pada peta, (2) Peta provinsi Lampung tahun 2013 dapat disajikan secara vertikal dan horizontal, (3) Peta puzzle sesuai dengan teori perkembangan Jean Piaget, materi peta berupa unsur-unsur dan syarat-syarat yang ada dalam peta dengan akurasi titik koordinat dan skala yang tepat. (4) Peta puzzle dapat digunakan terutama di kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada Kompetensi Dasar ?Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana?, (5) Media pembelajaran peta puzzle lebih efefktif terhadap proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dari pada menggunakan peta biasa. kata kunci: Peta Puzzle, efektif terhadap proses dan hasil belajar %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints1412