%A 1113053043 FISCA RIZKI DWI YANDA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SETIANEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015 %X Masalah penelitian ini adalah hasil belajar PKn yang masih rendah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Setianegara Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share pada pembelajaran PKn terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Setianegara Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Korelasi Multivariat. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Setianegara Tahun Ajaran 2014/2015. Variabel bebas adalah model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn (Y). Data penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data nilai Posttest PKn setelah diterapkan model pembelajran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (20,829 > 2,042), dan signifikansi < 0,05 (0,000<0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Setianegara Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share, Hasil Belajar PKn. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints14120