%0 Thesis %9 Masters %A ., ABRAR ADZKA %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2013 %F eprints:1414 %I Universitas Lampung %T PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN SPORT EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK DI SMP NEGERI 2 PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/1414/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan potensi dan kondisi model pembelajaran pendidikan jasmani yang sudah dimanfaatkan pada pembelajaran pendidikan jasmani; 2) mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya materi atletik yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa; 3) menganalisis peningkatan prestasi belajar atletik siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Sport Edukatif (Sportif); 4) menganalisis peningkatan aktivitas belajar pendidikan jasmani siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Sportif; 5) mendeskripsikan efektifitas dan keunggulan penggunaan model pembelajaran Bermain Sportif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan dalam dua tahap dengan tujuh langkah. Populasi dari penelitian ini siswa SMPN 2 Pringsewu sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.A yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket dan wawancara, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) potensi dan kondisi model pembelajaran yang telah digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN 2 Pringsewu belum sesuai dengan prinsip pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan 2) produk model pembelajaran Bermain Sportif hasil pengembangan menurut penilaian pakar sangat layak diimplemetasikan dalam pembelajaran pendidikan jasmani SMP kelas VIII karena sesuai dengan prinsip pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta karakteristik dan kebutuhan siswa; 3) rerata prestasi belajar atletik siswa SMPN 2 Pringsewu meningkat sebesar 31 ,8 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% setelah menggunakan model pembelajaran Bermain Sportif; 4) aktivitas belajar atletik siswa SMPN 2 Pringsewu meningkat sebesar 23% setelah menggunakan model pembelajaran Bermain Sportif; 5) Hasil uji coba terbatas model pembelajaran Bermain Sportif menunjukkan bahwa rata-rata gain skor ternormalisasi (g) = 0,7. Ini berarti, model pembelajaran ini sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Bermain Sportif, Atletik, Prestasi dan Aktivitas Belajar.