%0 Generic %9 Masters %A NURWANTI, 1223041016 %D 2015 %F eprints:14141 %T PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS LIFE SKILLS UNTUK KELAS X SMK DI KOTA METRO %U http://digilib.unila.ac.id/14141/ %X ABSTRAK INDONESIA Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik adalah hak setiap peserta didik. Oleh sebab itu, kewajiban pendidik untuk merancang bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik kelas X SMK, yaitu modul yang berbasis life skills dan untuk mengetahui kelayakannya. Muatan life skills diintegrasikan melalui teknik penyampaian materi, contoh teks, dan soal evaluasi. Uji coba modul dilaksanakan di tiga SMK sasaran implementasi kurikulum 2013 di kota Metro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah research and development dengan langkah-langkah pengembangan perpaduan model Gall dengan model Jolly dan Balitho. Data diperoleh dari uji ahli dan uji lapang kepada peserta didik dengan teknik wawancara, observasi, dan kuisioner yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan informasi kelayakannya. Uji ahli meliputi kelengkapan modul, kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan. Uji lapang meliputi penilaian kesesuaian, manfaat dan efesiensinya dalam pembelajaran, dan tingkat keterbacaan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul hasil pengembangan memiliki nilai validitas desain sebesar 94,91; nilai validitas substansi materi sebesar 95,27; persentase manfaat sebesar 91,11; persentase efesiensi sebesar 91,00; tingkat keterbacaan sesuai dengan tingkat atau kelas X SMK dengan jumlah kalimat rata-rata 6,61 per teks dan suku kata 240,8 per 100 kata; dan pengakuan kelayakan modul sebagai suplemen dan bahan ajar oleh publik dalam forum MGMP bahasa Indonesia SMK di kota Metro. Kata kunci: pengembangan, modul, life skill ABSTRAK INGGRIS Teaching materials is one of the important components in learning. The availability of teaching materials according to the needs and characteristics of students is a right of student throughout. Therefore, it is the obligation for educators to design teaching materials according to the needs and characteristics of learners. This research is aimed to produce Indonesian teaching materials accordance with the needs and characteristics of the students in the X grade of SMK, that is the life skills based module and to determine its feasibility. The life skill based was integrated through materials delivering, text sampling, and evaluation. Module trial was conducted in three schools as the target implementation of the curriculum 2013 in Metro City. It is a research and development with a combination of Gall models and Jolly and Balitho models. Data obtained from expert test and students (field) test by interviewing, observation, and questionnaire. Experts test includes module completeness, content and language appropriateness, presentation and graphic feasibility. The (students) field test includes suitability, modules reading level, benefits and its efficiency in learning. The result showd that the validity of the design modules development is 94,91; the validity of the substance material is 95,27; benefit percentage is 91,11; effeciency percentage is 91,00; eligibility recognition for the module as supplement and teaching materials in Metro City; and accordance reading level is averaged of sentence on 6,61 of the text and 240,8 syllable of 100 word. Keywords: development, modules, life skills