%0 Generic %9 Other %A Dwi Satrio Wicaksono, 1115031025 %A Gigih, Forda Nama %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:14172 %I FAKULTAS TEKNIK %T Studi Implementasi Mobile Ticketing Berbasis Teknologi Near Field Communication (NFC) %U http://digilib.unila.ac.id/14172/ %X ABSTRAK Saat ini, tiket yang digunakan di sistem transportasi masih berupa lembaran kertas. Penggunaan kertas sebagai tiket: repot, tidak ramah lingkungan, relatif mudah hilang. Fitur Near Field Communication (NFC) pada smartphone menjanjikan transaksi non-tunai lebih efisien, salah satunya diterapkan untuk mobile ticketing. Pada Penelitian ini dilakukan analisa transmisi data komunikasi sistem NFC yang melibatkan mode read and write serta card emulation pada tingkat application layer. Analisa ini dilakukan karena mobile ticketing menggunakan dua mode ini. Pemodelan aplikasi mobile ticketing juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana teknologi NFC ini digunakan pada sistem transportasi. Hasil analisa transmisi data menunjukkan bahwa pada mode write membutuhkan waktu total 11,393 detik dan pada mode read membutuhkan waktu total 0,203 detik, sehingga dapat dikatakan bahwa mode read lebih cepat dibandingkan mode write. Sedangkan pada mode Host Card Emulation (HCE), antara pasangan frame InListPassiveTarget yang satu dengan yang lain ada jeda waktu sebesar 0,109 detik dan antara pasangan frame InDataExchange yang satu dengan yang lain tidak ada jeda. Pemodelan aplikasi mobile ticketing telah dibuat menggunakan Unified Modelling Leanguage (UML) dengan use case, activity dan sequence diagram. Kata kunci: NFC, mobile ticketing, read/write, HCE, UML. ABSTRACT Nowdays, tickets that are being used in our transportation system are still paper-based. Using paper: more effort, non-eco friendly, tend to be lost. The Near Field Communication (NFC) feature in smartphones promise more efficient electronic transaction, which can be implemented for mobile ticketing. This research conducted by using communication data transmission analysis of NFC system which involves “read and write” mode also host card emulation at application layer stage. This is done because mobile ticketing uses these 2 modes. Application modelling of mobile ticketing is also done in order to find out how NFC technology works in the transportation system. The analysis result shows that in the write mode, NFC needs 11,393 seconds and in the read mode, NFC neets 0,203 seconds, so we can conclude that read mode is faster than write mode. Meanwhile, the HCE mode needs 0,109 seconds in order to transmit information between frame InListPassiveTarget pairs, and it needs no time to do such thing between frame InDataExchange pairs. Modelling this mobile ticketing app is done by using Unified Modelling Leaguage (UML) with use case, activity, and sequence diagram. Keywords: NFC, mobile ticketing, read/write, HCE, UML.