%0 Generic %9 Other %A Agung Cahyono, 1113021002 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:14189 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/14189/ %X ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Socrates Kontekstual dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t observasi berpasangan dan uji proporsi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Socrates Kontekstual tidak efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, berpikir kritis matematis, socrates kontekstual