%0 Thesis %9 Masters %A Noor Suwito, Rahma Kurnia Sri Utami %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2013 %F eprints:1419 %I Universitas Lampung %T Perbedaan Rerata Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Strategi Belajar Mandiri dan Gaya Belajar Berbeda Pada Mata Kuliah Ekologi Geografi di Prodi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unila %U http://digilib.unila.ac.id/1419/ %X Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) interaksi antara strategi belajar mandiri (mind map dan learning journal) dan gaya belajar (field dependent dan field independent) terhadap rerata peningkatan prestasi belajar mahasiswa, (2) perbedaan rerata peningkatan prestasi belajar mahasiswa antara metode mind map dan learning journal, (3) perbedaan rerata peningkatan prestasi belajar mahasiswa field dependent antara metode mind map dan learning journal, dan (4) perbedaan rerata peningkatan prestasi belajar mahasiswa field independent antara metode mind map dan learning journal. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen tipe non equivalent control group design dengan desain faktorial. Variabel penelitian adalah prestasi belajar, strategi belajar mandiri serta gaya belajar. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi peserta mata kuliah Ekologi Geografi semester ganjil tahun akademik 2012/2013. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan ranking skor gaya belajar dengan kriteria mahasiswa field dependent (27% kelas bawah) dan field independent (27% kelas atas). Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes prestasi belajar dan angket gaya belajar. Hasil data diuji dan dianalisis menggunakan anova faktorial dan uji t sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada interaksi signifikan antara strategi belajar mandiri dengan gaya belajar terhadap rerata peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Penerapan mind map dan learning journal sama-sama berhasil meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dimana besaran peningkatan tersebut akan tergantung pada variabel gaya belajar. Mind map meningkatkan prestasi belajar lebih tinggi pada mahasiswa field independent dibandingkan field dependent sedangkan learning journal justru berlaku sebaliknya, meningkatkan prestasi belajar lebih tinggi pada mahasiswa field dependent dibandingkan field independent. (2) Ada perbedaan signifikan rerata peningkatan prestasi belajar antara mahasiswa yang menggunakan mind map dengan learning journal. Mind map meningkatkan prestasi belajar lebih tinggi daripada learning journal. (3) Tidak ada perbedaan signifikan rerata peningkatan prestasi belajar mahasiswa field dependent yang menggunakan mind map dengan learning journal. Rerata peningkatan prestasi belajar pada metode mind map lebih rendah daripada learning journal. (4) Ada perbedaan signifikan rerata peningkatan prestasi belajar mahasiswa field independent yang menggunakan mind map dengan learning journal. Rerata peningkatan prestasi belajar pada metode mind map lebih tinggi daripada learning journal. Kata Kunci: belajar mandiri, gaya belajar, prestasi belajar