TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints14193 UR - http://digilib.unila.ac.id/14193/ A1 - RUDI HARTONO , 1113022053 Y1 - 2015/10/24/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif materi perpindahan kalor secara konduksi melalui pembelajaran inkuiri. Produk dibuat dengan menggunakan macromedia flash 8. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif materi perpindahan kalor secara konduksi melalui pembelajaran inkuiri, mendeskripsikan: kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan 6 tahap penelitian pengembangan, yaitu mengungkap potensi dan masalah melalui analisis kebutuhan, mengumpulkan informasi, pengembangan produk awal, validasi ahli (ahli desain dan ahli materi), revisi produk awal, dan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 1 Seputih Agung pada 30 orang siswa kelas XI-1. Di SMA Negeri 1 Seputih Agung memiliki potensi berupa sumber daya yang baik dan fasilitas sekolah yang lengkap, namun masalahnya sumber daya dan fasilitas belum dimanfaatkan secara optimal. Sesuai dengan potensi dan masalah yang ada, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif yang berbantuan komputer. Media pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh ahli desain dan ahli materi. Hasil validasi ahli desain memperoleh skor 3,77 (sangat baik) dengan saran perbaikan pada tombol, tata letak gambar, dan kesesuaian gambar terhadap materi. Hasil validasi ahli materi skor 3,48 (sangat baik) dengan saran perbaikan kesesuaian fenomena pada materi, memilih referensi yang terbaru, dan penjelasan materi. Hasil dari penelitian dan pengembangan produk media yang dikembangkan memiliki predikat kemenarikan sangat menarik karena berisi animasi, simulasi, gambar, dan soal interaktif dengan skor kemenarikan 3,33. Kemudahan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh predikat sangat mudah karena terdapat tombol/menu yang mudah digunakan serta mudah dibawa atau dipakai dimana saja dengan skor kemudahan yaitu 3,36. Kemanfaatan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh predikat bermanfaat karena dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sehingga mempermudah proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan skor kemudahan media yaitu 3,18. Keefektifan produk dilihat dari hasil uji pemahaman materi melalui posttest dan mendapatkan hasil 80% dari jumlah siswa tuntas KKM. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak dan efektif sebagai suatu media pembelajaran pada kurikulum 2013 melalui pembelajaran inkuiri. Kata kunci: inkuiri, media pembelajaran interaktif, penelitian pengembangan PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PERPINDAHAN KALOR SECARA KONDUKSI MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI AV - restricted ER -