creators_name: Ocni Alfiah, 1113031054 type: other datestamp: 2015-10-30 01:52:55 lastmod: 2015-10-30 01:52:55 metadata_visibility: show title: STUDI PERBANDINGAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN RESITASI PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN PENYUSUNAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: HB subjects: LB full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK INDONESIA Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan pemahaman siswa menggunakan metode pembelajaran Scaffolding dan Resitasi dengan memperhatikan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Ekonomi Akuntansi, Sub Pokok Bahasan Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, atau lebih tepatnay eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 152 dengan sampel sebanyak 58 siswa (2 kelas). Sampel diambil dengan menggunakan purpossive sampling. Teknik pengumpulan data diambil dengan wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan dan T-Test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian: (1) Terdapat perbedaan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran scaffolding dengan yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran resitasi, (2) Terdapat perbedaan pemahaman siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, (3) pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran resitasi bagi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, (4) pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran scaffolding lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran resitasi bagi siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, (5) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman siswa. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Kemampuan Awal, Scaffolding, Resitasi. date: 2015-10-06 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Ocni Alfiah, 1113031054 (2015) STUDI PERBANDINGAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN RESITASI PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN PENYUSUNAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/21/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/3/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/5/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/7/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/8/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/9/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/10/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/11/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/12/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/14/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/22/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/23/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/24/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/25/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/26/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14207/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf