%A Duwi Febrilia 0913034084 %J Digital Library %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN TIPE NHT BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar geografi melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TGT pada siswa SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun 2012/2013. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental semu (quasi eksperimental design) dengan populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Bandar Lampung yang berjumlah 124 siswa yang kemudian diambil sampelnya sebanyak 62 siswa. Analisis datanya menggunakan Paired Sampel t-test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Ada perbedaan hasil belajar pada siswa berkemampuan awal tinggi yang menggunakan model pembelajaran TGT (mean=83,85) dengan menggunakan model pembelajarn NHT (mean = 68,85). 2. Ada perbedaan hasil belajar pada siswa berkemampuan awal rendah yang menggunakan model pembelajaran TGT (mean=72,78) dengan menggunakan model pembelajarn NHT (mean = 58,61). 3. Hasil belajar pada siswa berkemampuan awal tinggi dan berkemampuan awal rendah yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih tinggi (tinggi= 83,85, rendah= 72,78) dari rata-rata hasil belajar Geografi siswa yang menggunakan model NHT (tinggi= 70,00, rendah= 58,61). %D 2013 %L eprints14209