@article{eprints14212, month = {Mei}, title = {UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LABUHAN RATU PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAKEM}, author = {Herwati 0913060940}, year = {2011}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14212/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswakelas VA SD N 2 LabuhanRatu pada mata pelajaran matematika melalui penerapan strategi PAKEM. Hasil observasi sebelum perbaikan pembelajaran di kelas VA SD N 2 Labuhan Ratu pada mata pelajaran matematikadiperoleh nilai siswa rata-rata adalah {$\leq$} 60 sedangkan KKM 60. Berdasarkan kondisi tersebut, guru melakukan penelitiantindakankelas guna memperbaikipembelajaranmelaluipendekatan PAKEM. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk menerapkan strategi pembelajaran PAKEM yaitu strategi pembelajaran yang dapat menampilkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur yang digunakan bentuk siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pedoman penelitian ini menggunakan instrumen observasi dan tes hasil belajar siswa pada tiap siklus. Hasil penelitian yang diperoleh, terjadipeningkatanaktivitasbelajarsiswa juga diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dan siklus III, yaitu dari nilai rata-rata 67,00 (siklus I) meningkat menjadi nilai rata-rata 69,00 (siklus II) dan nilai rata-rata 77,00 (siklus III). } }