TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints14215 UR - http://digilib.unila.ac.id/14215/ A1 - Ni Wayan Putriasih, 1114131082 Y1 - 2015/09/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola permintaan bihun tapioka dan loyalitas pedagang soto terhadap bihun tapioka. Penelitian ini dilakukan dengan metode sensus di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja. Terdapat 11 desa sebagai lokasi penelitian. Semua pedagang soto dijadikan responden dalam penelitian ini. Responden terdiri dari 48 pedagang soto yang menggunakan bihun tapioka sebagai soto. Tujuan pertama dan kedua dianalisis menggunakan metode deskriptif. Tujuan pertama dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan tujuan kedua dianalisis dengan menggunakan piramida loyalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola permintaan pedagang soto terhadap bihun tapioka memiliki frekuensi permintaan 30 kali dalam sebulan dengan jumlah permintaan bihun tapioka sebanyak 16-30 kg perbulan. Cara penyajian soto hanya menggunakan bihun tapioka saja tanpa dicampur bihun jenis lain ataupun mie. Merek yang paling banyak dibeli oleh pedagang adalah merek Moro Seneng. Pedagang biasa membeli bihun tapioka pada toko di pasar. (2) Tingkat loyalitas pedagang terhadap bihun tapioka di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur berada pada tingkatan liking the brand sebanyak 97,92 persen dikategorikan sebagai konsumen yang loyal. Kata kunci: bihun tapioka, loyalitas, pola permintaan. ABstrak Bahasa Inggris The objectives of this research were to know demand pattern of tapioca vermicelli and loyalty of soto vendors to tapioca vermicelli. This research was conducted in Purbolinggo Sub District East Lampung District by using census method. Data collection was carried out in November 2014-March 2015. The location was chosen purposively. There were 11 villages as research location. Respondents were chosen by using census method. Respondents were all 48 soto vendors using tapioca vermicelli. The method of analysis in this research was descriptive. First purpose was analyzed using descriptive statistics and the second purpose was analyzed using loyalty pyramid. The results showed that: (1) demand pattern of tapioca vermicelli has a demand frequency of 30 times per month with the amount of 16-30 kilograms per month. They served soto only with tapioca vermicelli. ?Moro Seneng? brand was chosen by most vendors. They usually bought tapioca vermicelli in traditional market; (2) The loyalty level of soto vendors in this research was in the category of liking the brand (97.92%) or categorized as loyal vendors. Key words: demand pattern, loyalty, tapioca vermicelli PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - POLA PERMINTAAN DAN LOYALITAS PEDAGANG SOTO TERHADAP BIHUN TAPIOKA DI KECAMATAN PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR AV - restricted ER -