%A 1113032002 AGNES DESTI %T HUBUNGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII G SMP N 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII G SMP N 3 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII G SMP N 3 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif dengan menggunakan uji hubungan antarvariabel-variabel yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa, sehingga sampel yang diambil 32 siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus interval, presentase dan chi kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara kemampuan pengelolaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII G SMP N 3 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Oleh karena itu untuk menciptakan kondisi pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan belajarnya secara efektif, maka guru PKn perlu lebih meningkatkan kemampuan pengelolaan pembelajarannya sehingga diharapkan hasil belajar siswa lebih dapat ditingkatkan mengingat hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara kemampuan pengelolaan dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, kemampuan pengelolaan pembelajaran, pembelajaran Pkn %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints14225