%0 Generic %9 Other %A DWI PUSPITA SARI, 1113024012 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:14229 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) UNTUK MENINGKATKAN KPS SISWA PADA SUB MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN %U http://digilib.unila.ac.id/14229/ %X ABSTRAK INDONESIA Hasil observasi di SMP Pembangunan Kalianda bahwa pembelajaran biologi telah menggunakan bahan ajar berupa LKS namun belum sesuai dengan kebutuhan siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis keterampilan proses sains yang efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS berbasis keterampilan proses sains pada sub materi klasifikasi tumbuhan. Sampel uji coba adalah siswa kelas VII1 dan VII2 yang dipilih secara purposive sampling, yaitu dipilih berdasarkan rata-rata nilai terendah siswa. Desain penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Data kuantitatif diperoleh dari N-gain KPS siswa pada soal pretes dan postes kemudian dianalisis menggunakan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa analisis jawaban siswa dan angket tanggapan siswa terhadap LKS berbasis KPS hasil pengembangan yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada N-gain KPS siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu pada aspek mengamati (eksperimen= 25; kontrol= 10.42), menginterpretasi data (eksperimen= 30.56; kontrol= 29.17), mengelompokkan (eksperimen= 97.43; kontrol= 34.20), dan mengomunikasikan (eksperimen= 30.21; kontrol= 6.25). Selain itu, rata-rata jawaban sesuai pada LKS 3 (83.33%) lebih tinggi daripada LKS 2 (75%) dan LKS 1 (25.83%). Hal ini menunjukkan bahwa meningkatnya rata-rata jawaban yang sesuai sama halnya dengan meningkatkannya keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa LKS berbasis KPS hasil pengembangan 95% menarik-sangat menarik baik dari segi tampilan, kombinasi warna, desain, bahasa, kemenarikan materi, dan kemenarikan bahan ajar. Dengan demikian LKS berbasis KPS pada materi klasifikasi tumbuhan hasil pengembangan efektif meningkatkan KPS siswa dan sangat menarik untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif bagi guru dan siswa. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Keterampilan Proses Sains, dan Klasifikasi Tumbuhan