%0 Generic %9 Other %A INTAN RIZKI ANITA, 1113024028 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:14232 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) UNTUK MENINGKATKAN KPS SISWA PADA SUB MATERI CIRI-CIRI FILUM HEWAN INVERTEBRATA %U http://digilib.unila.ac.id/14232/ %X Peran guru dalam proses pembejalaran sangatlah penting, salah satunya yaitu dalam menyampaikan materi pelajaran melalui bahan ajar. Adanya bahan ajar diharapkan materi pelajaran dapat dengan mudah dimengerti dan melatih keterampilan proses sains siswa. Bahan ajar yang sering dipakai oleh guru salah satunya yaitu lembar kerja siswa (LKS). Hasil observasi di SMA Pembangunan Kalianda diketahui bahwa pembelajaran biologi yang menggunakan bahan ajar berupa LKS belum dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis keterampilan proses sains yang efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS berbasis keterampilan proses sains pada sub materi ciri-ciri filum hewan invertebrata. Sampel uji coba produk ini adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 23 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 yang berjumlah 23 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan rata-rata nilai terendah. Pengembangan LKS tahap pertama yaitu studi pendahuluan melalui kajian lapangan dan kajian literatur, menggunakan angket pengungkap kebutuhan guru dan siswa. Tahap kedua meliputi penyusunan draf, penentuan format, pembuatan desain, dan validasi desain oleh ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, dan praktisi. Tahap terakhir yaitu evaluasi untuk mengukur tingkat efektivitas dan kemenarikan LKS. N-Gain KPS siswa diperoleh dari pretes-postes yang dianalisis dengan uji statistik menggunakan uji t dan Mann-Whitney U. Serta angket uji kemenarikan dan analisis jawaban siswa di LKS dianalisis secara deskriptif. Hasil uji ahli materi menunjukkan persentase kelayakan 100%, uji ahli desain 80%, uji ahli bahasa 80%, dan uji praktisi 100%. Hasil uji efektivitas menunjukkan rata-rata peningkatan indikator KPS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol terlihat pada indikator mengamati (kelas eksperimen= 25,36; kontrol= 23,91), mengomunikasikan (kelas ekperimen47,82; kontrol= 39,13), mengelompokkan (kelas eksperimen= 32,73; kontrol= 17,81), menyimpulkan (kelas eksperimen= 27,17; kontrol= 8,69), namun pada indikator menginterpretasi rata-ratan kelas kontrol lebih besar pada kelas eksperimen (kelas eksperimen= 6,52; kontrol= 23,91). Hasil uji kemenarikan LKS memperoleh ratarata 75,35%. Dengan demikian lembar kerja siswa berbasis keterampilan proses sains pada materi ciri-ciri filum hewan invertebrata hasil pengembangan dapat dijadikan salah satu bahan ajar oleh guru dan siswa. Kata kunci: Ciri Filum Hewan Invertebrata, Keterampilan Proses Sains, dan Lembar Kerja Siswa