title: PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS DENGAN KEMAMPUAN AWAL DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH creator: Mahmus Ahmad, TRI INDAH UTAMI subject: LB Theory and practice of education description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ; 1) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa dengan prestasi belajar siswa, 2) perbedaan prestasi belajar siswa antara yang belajar melalui pembelajaran model jigsaw dengan yang belajar melalui model TGT, 3) perbedaan prestasi belajar melalui pembelajaran model jigsaw dan TGT pada siswa yang berkemampuan awal tinggi, 4) perbedaan prestasi belajar melalui pembelajaran model jigsaw dan TGT pada siswa yang berkemampuan awal rendah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA N I Terbanggi Besar, dengan sampel siswa kelas XE dan XF, berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes. Analisis data menggunakan analisis varians dua arah dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa pada prestasi belajar siswa dengan nilai P-value 0,036, (2) rata – rata prestasi belajar siswa yang belajar melalui pembelajaran jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar melalui TGT dengan perbedaan rata - rata sebesar 1,94 dan nilai P-value 0,024,( 3) rata – rata prestasi belajar siswa yang berkemampuan awal tinggi dengan pembelajaran jigsaw lebih tinggi daripada dengan TGT dengan perbedaan rata- rata 5,14 dan nilai P-value 0,045, (4) tidak ada perbedaan rata- rata prestasi belajar siswa yang berkemampuan awal rendah melalui pembelajaran model jigsaw dan TGT dengan nilai P-value 0,852. Kata kunci : jigsaw, TGT, matematika date: 2013-06-15 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1424/12/LAMPIRAN.zip identifier: Mahmus Ahmad, TRI INDAH UTAMI (2013) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS DENGAN KEMAMPUAN AWAL DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1424/