title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA (Studi Eksperimen Semu pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015) creator: VIDYA ARTHA SAVITRIE, 1113024068 subject: L Education (General) = Pendidikan description: ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Tumijajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas X MIA 4 dan X MIA 5 SMA Negeri 1 Tumijajar yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa keterampilan generik sains yang dilihat dengan iii observasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing pada materi pokok ekosistem yang dianalisis secara deskriptif. Data hasil belajar kognitif siswa, dimana hasil prestes dan postes untuk hasil belajar kognitif memperoleh publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-10-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/6/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/8/PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/9/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/10/PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/11/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/13/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/14/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14244/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: VIDYA ARTHA SAVITRIE, 1113024068 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA (Studi Eksperimen Semu pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/14244/