title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERDASARKAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN MASALAH PERUSAKAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 BELALAU Tahun Pelajaran 2014/2015) creator: HOTMAULI SITUMORANG, 1013024010 subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: ABSTRAK INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berdasarkan gender terhadap berpikir rasional siswa dan (2) peningkatan kemampuan berpikir rasional siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif berupa keterampilan berpikir rasional siswa berdasarkan gender yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest, dan di analisis menggunakan uji t dan U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa perempuan (N-gain 54,29) dan siswa laki-laki (N-gain 41,37). Kemampuan siswa perempuan dan siswa laki-laki dari tiap indikator kemampuan berpikir rasional Hotmauli Situmorang iii untuk kemampuan memecahkan masalah sebagai indikator yang paling tinggi namun siswa perempuan memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa memperlihatkan bahwa persentase aktivitas pada siswa perempuan (76,62%) lebih tinggi daripada siswa laki-laki (52,26%). Dengan demikian penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah berdasarkan gender berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir rasional dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Gender, Keterampilan Berpikir Rasional, kegiatan manusia, perusakan dan pelestarian lingkungan publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-10-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/6/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/8/PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/9/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/10/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/11/PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/13/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/14/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14245/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: HOTMAULI SITUMORANG, 1013024010 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERDASARKAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN MASALAH PERUSAKAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 BELALAU Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/14245/