@mastersthesis{eprints1425, month = {Juni}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN KERANGKA IFSO TERHADAP PENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 WAY LIMA}, school = {Universitas Lampung}, author = {JUNAINA H. Almaini St Sulaiman}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1425/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan model mental siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (2) perbedaaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (3) karakteristik model mental siswa yang tergali dalam pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (4) respon siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Lima, Pesawaran dengan populasi 68 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui: tes model mental, tes penguasaan konsep dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji one way anova dan t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) peningkatan model mental siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,45 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,36; (2) peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,50 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,34; (3) Karakteristik model mental siswa yang tergali pada konsep ikatan kimia setelah mengikuti pembelajaran kerangka IFSO sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental ilmiah 17,6\% dan model mental konsensus 67,6\%, sedangkan setelah mengikuti pembelajaran ekspositori sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental konsensus 73,6\% dan model mental alternatif 20,6\%; (4) Pembelajaran kerangka IF-SO mendapatkan respon positif yang berkriteria sangat tinggi dibandingkan pembelajaran ekspositori yang mendapat respon positif dengan berkriteria tinggi. Kata Kunci: model mental, penguasaan konsep, kerangka IFSO} }