TY - THES ID - eprints14274 UR - http://digilib.unila.ac.id/14274/ A1 - Wiwik Muliati, 102311064 Y1 - 2015/08/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya interaksi antara pembelajaran dan tingkat motivasi belajar dalam peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa;2) perbedaan peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris siswayang dibelajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw; 3) perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; dan 4) perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan eksperimen faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP BPK Penabur yang berjumlah 75 siswa dengan sampel 14 siswa.Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan tes tertulis serta dianalisis menggunakan deskriptif dan teknik anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat interaksi penggunaan pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 2) rerata peningkat-an prestasi belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pembelajaraan kooperatif tipe STAD; 3) rerata peningkatan prestasi belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada motivasi belajar tinggi; 4) rerata peningkatan prestasi belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada motivasi belajar rendah. Kata kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif ,dan Reading This research aims at finding: 1) the interaction between the cooperative learning and level of learning motivation on the improvement of student?s achievement in learning English;2) the difference between the improvement of student?s achievement in learning English through STAD cooperative learning and Jigsaw cooperative learning.3) the difference between the improvement of student?s achievement in learning English through STAD cooperative learning and Jigsaw cooperative learning on the high student?s motivation; 4) the difference between the improvement of student?s achievement in learning English through STAD cooperative learning and Jigsaw cooperative learning on the low student?s motivation. This research used experiment method by using experiment factorial 2 x 2 design. The research population was the whole students in eigth grade of BPK Penabur Secondary School Bandar Lampung, and there are 75 students with the sample 14 students. Data collecting technique was done by questionarries and having written test and analyzed by using descriptive and two way anava. The result shows that :1)there is an interaction between the cooperative learning and student?s learning motivation towards the improvement of student?s achievement; 2)the avarage of the student?s achievement in learning English through JIGSAW cooperative learning is higher than that through STAD cooperative learning;3) the avarage of the student?s achievement in learning English through JIGSAW cooperative learning on the high learning motivation is higher than through STAD cooperative learning;4) the avarage of the student?s achievement in learning English through STAD cooperative learning on the low learning motivation is higher than through Jigsaw cooperative learning. Key words: Learning motivation, cooperative learning, and the improvement of thestudent?s achievement. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR RECOUNT TEXT MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BPK PENABUR BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -