%0 Journal Article %A 0743031016, HENDRI HERWANSYAH %D 2012 %F eprints:14372 %J Digital Library %T PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG PENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS, AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR DAN CARA PENILAIAN TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/14372/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang penggunaan metode pemberian tugas, aktivitas belajar mengajar dan cara penilaian terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verivikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri 30 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 39 orang dengan jumlah sampel 36 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obeservasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data yang dihitung menggunakan rumus statistik diperoleh : 1. Ada pengaruh persepsi guru tentang penggunaan metode pemberian tugas terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 30 Bandar Lampung, dengan diperoleh thitung 3,746 > ttabel 2,032, koefisien korelasi (r) yang menunjukkan bahwa rhitung 0,489> rtabel 0,329 dan koefisien determinasi (r2) 0,239 dengan persamaan linear 2. Ada pengaruh aktivitas belajar mengajar terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 30 Bandar Lampung, dengan diperoleh thitung 3,978 > ttabel 2,032, koefisien korelasi (r) yang menunjukkan bahwa rhitung 0,507 > rtabel 0,329 dan koefisien determinasi (r2) 0,257 dengan persamaan linear 3. Ada pengaruh cara penilaian terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 30 Bandar Lampung, dengan diperoleh thitung 3,836 > ttabel 2,032, koefisien korelasi (r) yang menunjukkan bahwa rhitung 0,496> rtabel 0,329 dan koefisien determinasi (r2) 0,246 dengan persamaan linear 4. Ada pengaruh persepsi guru tentang penggunaan metode pemberian tugas, aktivitas belajar mengajar dan cara penilaian terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 30 Bandar Lampung, dengan diperoleh Fhitung 26,129> Ftabel 2,900, koefisien korelasi (R) 0,522 yang menunjukkan bahwa Rhitung 0,522 > Rtabel 0,329 dan koefisien determinasi (R2) 0,273 dengan persamaan linear = 19,482 + 0,170X1 + 0,313X2 + 0,241X3