title: STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MEMPERATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2011-2012 creator: 0813031020, Dinar Sapta Putri subject: description: ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar kewirausahaan siswa melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heas Together (NHT) dan Think Pair and Share (TPS) dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa kelas X semester genap SMK Negeri 1 Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 334 orang siswa dengan sampel 60 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan angket dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan tipe Think Pairs and Share (TPS), yang ditunjukkan dengan perhitungan Fhitung 8,879> Ftabel 4,11, (2) Rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan tipe Think Pair and Share (TPS) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang ditunjukkan dengan perhitungan thitung 2,305> ttabel 2,101, (3) Rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan tipe Think Pair and Share (TPS) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, yang ditunjukan dengan perhitungan thitung 1,921 < ttabel 2,101. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Think Pair and Share (TPS), serta Motivasi Berprestasi date: 2012 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/1/1cover..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/2/2.ABSTRAK..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/3/3.Cover%20Dalam..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/4/4.Halaman%20Persetujuan..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/5/5.Halaman%20Pengesahan..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/6/6.Surat%20Pernyataan%27..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/7/7.RIWAYAT%20HIDUP..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/8/8.motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/9/9.persembahan..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/10/10.SANWACANA..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/11/I..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/12/II.edit.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/13/III..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/14/IV..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/15/V..pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/16/11.daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/17/12.daftar%20tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/18/13.daftar%20gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14380/19/14.daftar%20diagram.pdf identifier: 0813031020, Dinar Sapta Putri (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN MEMPERATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/14380/