%A Galih Priambodo 0813031030 %J Digital Library %T PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA TELADAN WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X ABSTRAK Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain tentang ketersediaan sarana belajar dan cara belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh ketersediaan sarana belajar dan cara belajar siswa di SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Teladan Way Jepara sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 156 orang. Dengan menggunakan rumus Cochran dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 112 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan sarana belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 6,054 > 1,982 dengan koefisien korelasi (r) 0,500 dan koefisien determinasi (r?) sebesar 0,250 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh ketersediaan sarana belajar sebesar 25% dan sisanya 75% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 5,587 > 1,982 dengan koefisien korelasi (r) 0,470 dan koefisien determinasi (r?) sebesar 0,221 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh cara belajar sebesar 22,1% dan sisanya 77,9% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan sarana belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan F hitung > F tabel yaitu 39,139 > 3,079 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,647 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,418 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh ketersediaan sarana belajar dan cara belajar sebesar 41,8% dan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Ketersediaan Sarana Belajar, Cara Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi %D 2012 %L eprints14383