@article{eprints14384, month = {Juli}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION DAN TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 }, author = {Marselia Ginting 0813031037}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14384/}, abstract = {ABSTRAK Metode eksperimen yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain Penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2X2. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 284 orang yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XE dan XI sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan Analisis Varians Desain Faktorial. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel pembelajaran (kooperatif tipe STAD dan Talcking Stick) dan antarkemampuan awal (tinggi dan rendah), (2) tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick, (3) ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, (4) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar ekonomi, (5) ada perbedaan efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kooperatif tipe Talking Stick. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD), Model Pembelajaran Talking Stick, Kemampuan Awal, Hasil Belajar, } }