TY - JOUR ID - eprints14388 UR - http://digilib.unila.ac.id/14388/ A1 - 0813031047, Rizky Prasastifani Y1 - 2012/05// N2 - ABSTRAK Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha membudayakan manusia. Pendidikan amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh. Peningkatan mutu pendidikan ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Dimana salah satu aspek yang berperan adalah kesiapan guru dalam bersikap professional saat mengajar. Profesi adalah suatu jabatan, profesional adalah kemampuan atau keahlian dalam memegang suatu jabatan tertantu, sedangkan profesionalitas adalah jiwa dari suatu profesi dan profesional. Profesionalitas guru adalah sikap guru yang memiliki kompetesi, semangat, motivasi yang baik dalam mengajar untuk melaksanakan tugasnya secara baik secara ikhlas agar tujuan pemebelajarannya dapat tercapai. Guru professional adalah guru yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal. Sikap profesionalitas dari setiap orang bahkan guru berbeda-beda. Ada guru yang memiliki sikap profesionalitas yang baik, sedang dan ada pula yang masih harus ditingkatkan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi profesionalitas guru yang berdampak pula terhadap peningkatan kinerja guru. Berdasarkan hal di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung yang dibatasi pada variabel supervisi pendidikan, organisasi profesi guru, dan lingkungan kerja terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota MGMP IPS Terpadu Kota Bandar Lampung yang berjumlah 124 orang, dan sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, ketiga digunakan uji regresi linier sederhana dan untuk menguji hipotesis keempat, kelima, keenam dan ketujuh digunakan uji regresi linear multiple atau ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi pendidikan terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,247 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 5,529 sedangkan ttabel = 1,986 , ini berarti thitung > ttabel. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara organisasi profesi guru terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,204 pada taraf signifikansi 0,05 Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 4,889 sedangkan ttabel = 1,986, ini berarti thitung > ttabel. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,200 pada taraf signifikansi 0,05 Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 4,827 sedangkan ttabel = 1,986, ini berarti thitung > ttabel. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi pendidikan dan organisasi profesi guru secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh Rē= 0,391, pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 29,595 sedangkan Ftabel = 3,095, ini berarti Fhitung >Ftabel. 5. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi pendidikan dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh Rē= 0,386, pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 28,950 sedangkan Ftabel = 3,095, ini berarti Fhitung >Ftabel. 6. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara organisasi profesi guru dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh Rē= 0,347, pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 24,452 sedangkan Ftabel = 3,095, ini berarti Fhitung >Ftabel. 7. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi pendidikan, organisasi profesi guru, dan lingkungan kerja terhadap profesionalitas guru IPS Terpadu MGMP Kota Bandar Lampung tahun 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh Rē= 0,495, pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 29,674 sedangkan Ftabel = 2,703, ini berarti Fhitung >Ftabel. Kata kunci : Supervisi Pendidikan, Organisasi Profesi Guru, Lingkungan Kerja dan Profesionalitas Guru. JF - Digital Library TI - PENGARUH SUPERVISI PENDIDIKAN, ORGANISASI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PROFESIONALITAS GURU IPS TERPADU MGMP KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2011/201212 AV - restricted ER -