TY - JOUR ID - eprints14391 UR - http://digilib.unila.ac.id/14391/ A1 - 0853031012, Dwinta Octiara Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan bangsa. Melalui pendidikan diharapkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sangat diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Proses belajar tidak selalu berhasil, hasil yang dicapai antara siswa yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan. Berhasil tidaknya proses belajar mengajar tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa antara lain persepsi siswa tentang pemberian tugas pekerjaan rumah dan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh persepsi siswa tentang pemberian tugas pekerjaan rumah dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 22 Bandar Lampung sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 318 orang. Dengan menggunakan rumus Cochran dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 176 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 6,959 > 1,960 dengan koefisien korelasi (r) 0,447 dan koefisien determinasi (rē) sebesar 0,222 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang pemberian tugas pekerjaan rumah sebesar 22,2% dan sisanya 77,8% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan thitung > t tabel yaitu 5,195 > 1,960 dengan koefisien korelasi (r) 0,390 dan koefisien determinasi (rē) sebesar 0,302 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi pemanfaatan media pembelajaran oleh guru sebesar 30,2% dan sisanya 69,8% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang pemberian tugas pekerjaan rumah, dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan Fhitung >Ftabel yaitu 22,289 > 3,890 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,631 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,326yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang pemberian tugas pekerjaan rumah, dan pemanfaatan media pembelajaran sebesar 32,6% dan sisanya sebesar 67,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. JF - Digital Library TI - PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -