%0 Journal Article %A 0853031034, Ony Fesandinata %D 2012 %F eprints:14394 %J Digital Library %T PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/14394/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS semester ganjil sebanyak 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 92 orang. Dengan menggunakan rumus Cochran dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 75 peserta didik yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan Survey. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur sebesar 20,3% dan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi peserta didik tentang kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur sebesar 22,2% dan sisanya 77,8% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur sebesar 36,1% dan sisanya 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru, persepsi peserta didik tentang kompetensi profesional guru, hasil belajar ekonomi