title: STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) creator: 0853031048, Yenni Pamungkas subject: description: ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Antara Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) dan Problem Based Instruction (PBI) dengan Memperhatikan Motivasi berprestasi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 271 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: (1.) Fhitung 8,967> Ftabel 4,110 terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dibandingkan dengan yang pembelajaran yang menggunakan metode kooperatif tipe Problem based instruction (PBI). (2.) thitung 2,279>ttabel 2,101 rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan metode kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode kooperatif tipe Problem based instruction (PBI) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. (3.) thitung 2,031