%A Yemmi Makla 1023031063 %J Digital Library %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Model Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) %X ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ; (1) perbedaan hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (3) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian comparatif dengan pendekatan eksperimen.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN I Bandar Lampung pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen yaitu kelas X4 menggunakan model Jigsaw dan kelas pembanding yaitu kelas X5 menggunakan model TPS. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan tes dan motivasi berprestasi menggunakan skala. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian desain factorial dan uji t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukan bahwa ; (1) ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe TPS. Fhitung 159,583 > Ftabel 3,978 Ha diterima ;(2) ada perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi siswa motivasi berprestasi tinggi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe TPS. thitung -12,977 > ttabel -2,028 Ha diterima; (3) tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi siswa motivasi berprestasi rendah antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe TPS. thitung 1,808 < ttabel 2,074 Ho diterima; (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi. Fhitung 0,589 < Ftabel 4,062 Ho diterima. Kata kunci : model pembelajaran Jigsaw, dan Think Pair and Share, hasil belajar. %D 2012 %L eprints14449