%A Feni Dini Riskia 0813034006 %J Digital Library %T MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII2 SMP NEGERI 1 MESUJI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR PROPINSI SUMATERA SELATAN %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa selama pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together pada Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir Propinsi Sumatera Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di kelas VII2 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk setiap siklus. Pengumpulan data dengan cara observasi, catatan lapangan dan tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 54,99 %. Pada siklus I kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi kelompok dan presentasi dengan penomoran. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,34 % sehingga menjadi 78,33 %. Kegitan pembelajaran pada siklus ini diberikan perlakuan yang berbeda terhadap siswa. selain itu siswa diberikan desempatan untuk debate antar kelompok agar semua siswa ikut serta pada saat kegiatan presentasi berlangsung. Sedangkan rata-rata prestasi relajar siswa pada siklus I sebesar 59,33, pada siklus II meningkat menjadi 73,33. Rata-rata ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai ? 70 pada siklus I sebesar 57 %, pada siklus II meningkat sebesar 29,66 % sehingga menjadi 86,66 %. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dapat diterapkan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelah VII2 SMP Negeri 1 Mesuji. Key words : Kooperatif Tipe NHT , Aktivitas dan Prestasi. %D 2012 %L eprints14476